Rabu, 24 Juli 2019

Penyakit Yang Sering Datang Ketika Musim Pancaroba


Pancaroba merupakan sebagai salah satu musim yang dimana akan membawa wabah penyakit. Dalam hal ini tentunya kita harus waspada, ada banyak penyakit yang hadir pada musim ini dan tak sedikit yang menyebabkan seseorang yang terkena penyakit tersebut menjadi sakit parah dan tak tertolong.

Ada beberapa penyakit yang datang di musim pancaroba ini, beberapa penyakit ini tentunya harus Anda waspadai. Diantaranya yaitu:

1. Demam berdarah dengue (DBD)

Di saat musim pancaroba pada awal memasuki musim hujan, biasanya kasus demam berdarah atau kita kenal dengan DBD biasanya di berbagai daerah akan mengalami peningkatan. Hal tersebut disebabkan oleh adanya virus dengue yang dapat bertahan pada iklim tropis dan kemudian akan semakin berkembang saat musim hujan.

DBD ini biasanya ditularkan melalui gigitan nyamuk yang sudah terinfeksi oleh virus dengue. Gejala DBD tersebut antara lain yaitu demam tinggi secara tiba-tiba, kemudian sakit kepala parah, selanjutnya nyeri di bagian belakang mata, nyeri otot dan sendi, mual, muntah, lemas, mudah memar, tanda yang sering kali muncul yaitu bintik-bintik di kulit, sampai terjadi perdarahan ringan berada di sekitar gusi dan hidung. Dalam hal ini yang perlu untuk diwaspadai yaitu komplikasi dari DBD, yaitu perdarahan berat, syok, sampai dengan kematian.

2. Chikungunya
Gejala penyakit ini sekilas hampir serupa dengan demam berdarah. Biasanya saat terjangkit penyakit ini akan mengalami demam tinggi dan nyeri sendi. Gejala lainnya yaitu seperti sakit kepala, nyeri otot, mual, ruam, serta mudah kelelahan. Pada umumnya, gejala tersebut juga akan hilang dengan sendirinya dengan kurun waktu. Meskipun jarang mengakibatkan kematian, gejala ini dapat menyebabkan kelumpuhan sementara. Untuk mengurangi risiko terkena penyakit chikungunya, langkah yang sama untuk upaya mencegah DBD juga bisa Anda lakukan.

3. Zika 
Penyakit yang satu ini juga sama dari 2 sebelumnya, virus zika tersebut menyebar melalui gigitan nyamuk. Akan tetapi bisa ditularkan juga melalui hubungan seksual dan transfuse darah. Virus ini bisa ditularkan ibu hamil ke janin, sehingga bisa menyebabkan bayi tersebut menderita microcephaly. Pada saat penyakit musim pancaroba ini Anda derita, maka Anda akan mengalami demam, nyeri sendi, ruam, sakit kepala, gatal di seluruh tubuh, mata merah, nyeri otot, nyeri punggung, hingga nyeri yang ada pada bagian belakang mata. Gejala ini biasanya terjadi sekitar tujuh hari dan selanjutnya akan hilang dengan sendirinya. Anda disarankan untuk istirahat yang cukup dan konsumsi banyak air putih untuk meringankan gejala yang muncul tersebut.

4. Influenza

virus influenza atau flu ini biasanya yang menjangkiti anak-anak, diketahui ini merupakan salah satu kasus terbanyak terjadi pada saat musim hujan, termasuk yang ada di Indonesia. Virus ini biasanya akan menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Pada umumnya flu biasa akan sembuh dengan sendirinya, Namun pada anak balita, terutama untuk anak yang memiliki usia di bawah 2 tahun, dan lansia yang memiliki umur di atas 65 tahun, penyakit musim pancaroba tersebut  bisa menimbulkan komplikasi yang sangat berbahaya.

Dalam hal ini Anda perlu untuk beristirahat yang cukup serta mengonsumsi banyak air putih untuk dapat meringankan gejala flu yang sedang diderita. Pada kasus tertentu, dokter biasanya akan merekomendasikan obat antivirus yang berguna untuk mengatasi penyakit flu. Sementara itu untuk mencegah terinfeksi virus influenza, maka Anda bisa melakukan vaksinasi yang dapat diulang untuk setiap tahunnya.

Nah Itulah beberapa penyakit yang sering menjangkit manusia pada saat musim pancaroba datang. Pastikan Anda menanganinya dengan baik jika Anda menderita beberapa penyakit akibat musim pancaroba tersebut.

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search