Selasa, 12 Maret 2019

Seperti Inilah Ruko Minimalis Yang Cocok Untuk Pengusaha Pemula



Saat ini, berjualan di ruko mungkin tidak terlalu menarik seperti dahulu karena kebanyakan penjual lebih tertarik berjualan online. Namun untuk beberapa hal tertentu, usaha Anda harus tetap menggunakan ruko sebagai tempat usahanya. Para pengusaha pemula yang berkecimpung dalam bidang jual beli pulsa dan aksesoris HP, laundry, foto copy, warung makan dan lain sebagainya masih memerlukan ruko minimalis sebagai tempat usaha.
Pemilihan ruko minimalis ini mungkin karena usaha yang dijalankan baru dirintis dan belum memiliki modal yang cukup besar. Walaupun ruko yang bisa Anda beli hanya berukuran kecil, usaha Anda akan tetap lancar dan berjalan dengan sukses bila memiliki kegigihan dan ketekunan. Untuk Anda yang sudah memiliki keinginan membuka usaha, pahamilah ruko yang cocok untuk menjalankan usaha sehingga memberikan banyak keuntungan.  
Ruko Minimalis 
Tips Memilih Ruko Minimalis Yang Cocok Untuk Pemula
Berikut ini adalah pertimbangan bila Anda akan membuka usaha di ruko minimalis untuk pengusaha pemula:
1.      Memilih lokasi yang tepat dan mudah diakses
Pemilihan lokasi merupakan salah satu kunci kesuksesan sebuah usaha yang baru Anda rintis. Di awal usaha pasti Anda sedang mencari pelanggan dan usaha Anda akan lebih sulit dikenal orang bila tempatnya sulit dijangkau. Dengan memilih tempat yang strategis, pasti akan lebih banyak orang yang tertarik untuk mencoba membeli jualan Anda dan tidak menutup kemungkinan menjadi pelanggan.

Sesuaikan juga tempat usaha yang akan Anda gunakan dengan barang atau jasa yang ditawarkan agar lebih banyak customer yang tertarik. Misalnya saja bila akan membuka usaha foto copy akan lebih baik Anda menyewa ruko di sekitar sekolah, universitas atau daerah perkantoran. Anda harus bisa melihat peluang usaha yang mendatangkan keuntungan dengan lokasi yang menyesuaikan bidang usahanya.

2.                  Fasilitas parkir
Jangan lupa juga untuk memilih tempat yang memiliki cukup lahan parkir. Walaupun ruko Anda hanya minimalis, namun usahakan berikan kenyamanan pada pelanggan dengan adanya tempat parkir sehingga tidak khawatir meninggalkan kendaraan saat ditinggal masuk ke ruko Anda. Lebih amannya lagi bila ada tukang parkir yang bisa menjamin keamanan kendaraan.

3.                  Keamanan lokasi
Pilihlah lokasi yang aman dan jarang terjadi tindak kriminal. Yang dikhawatirkan bila membuka usaha di tempat yang tidak aman barang Anda di dalam ruko bisa menjadi incaran pencuri. Oleh karena itu, cobalah survey dan tanyakan ke sekitar lingkungan ruko tentang keamanannya agar lebih merasa tenang.

4.                  Izin tanah dan bangunan
Sebelum membeli ruko, pastikan Anda sudah mengetahui posisi bangunan yang akan dibeli tentang izin tanah dan bangunannya. Jangan sampai di tengah usaha Anda ada kejadian yang tidak diinginkan terjadi yang berkaitan dengan perizinan dan lain sebagainya. Hal ini dapat menghambat jalannya usaha Anda bila nantinya ruko Anda disita.
Dengan memilih ruko sebagai tempat usaha bagi pengusaha pemula, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan di dalamnya. Ini merupakan hal yang sangat direkomendasikan karena akan menjadi salah satu cara mendapatkan customer lebih mudah. Bila kita berjualan di komplek ruko, kemungkinan kita mendapatkan pelanggan yang berasal dari ruko lain. Anda akan lebih menghemat tenaga untuk mempromosikan atau mencari pelanggan.
Jadi tidak ada alasan untuk Anda pengusaha pemula untuk menjalankan usaha di ruko. Sesuaikan saja budget yang ada dengan ruko yang akan dibeli tetapi jangan memaksakan keadaan. Buatlah perhitungan tentang modal yang dimiliki dan bagilah menjadi beberapa bagian. Yang pertama untuk menjalankan usaha, lalu untuk sewa ruko dan juga dana cadangan. Telitilah juga dalam memilih ruko agar tidak menyesal saat usaha sudah berjalan nanti.
Kesalahan Dalam Memilih Ruko Tempat Usaha
Terkadang beberapa pengusaha pemula masih bingung dalam memilih ruko yang baik karena masih kurangnya pengalaman yang dimiliki. Oleh karena itu, simaklah tips berikut ini agar tidak salah langkah.
1.      Membeli atau menyewa ruko sebelum memulai usaha
Mungkin sebagian dari Anda beranggapan bila tidak masalah membeli ruko terlebih dahulu sebelum memulai usaha. Padahal usaha yang akan dijalankan belum diketahui dan belum tentu sesuai dengan ruko yang dibeli. Kesalahan ini mungkin juga terjadi karena pengusaha pemula hanya aji mumpung melihat ruko yang murah tapi tidak memikirkan apa usahanya dan apakah lokasinya cocok dengan usaha yang akan dijalankan.

2.      Masa sewa ruko
Untuk Anda yang berniat menyewa ruko, pasti ada tawaran berapa lama akan menyewanya. Beberapa tempat ada yang menyewakannya dalam hitungan per bulan da nada pula yang per tahun. Untuk Anda yang pemula akan lebih baik bila mencoba yang per bulan terlebih dahulu. Jangan gegabah menyewa dalam hitungan tahun karena kita tidak tahu apakah tempat tersebut cocok untuk membuka usaha Anda atau tidak.

Bila ternyata usaha Anda tidak cocok dan dirasa tidak mengalami peningkatan keuntungan, ada baiknya bila Anda mencari tempat yang lain. Nah, keuntungannya menggunakan sewa bulanan adalah Anda dapat pindah dengan lebih cepat dibanding bila sewa tahunan. Mau tidak mau Anda harus menghabiskan sewa terlebih dahulu atau meninggalkan ruko namun dengan konsekuensi menanggung kerugian karena sudah membayar sewa satu tahun.

3.      Lokasi yang tidak tepat
Membuka usaha di tempat yang tidak tepat juga seharusnya Anda hindari. Pandai-pandailah membaca peluang dan pangsa pasar yang dituju agar tepat sasaran dan usaha bisa berjalan dengan lancar. Jangan hanya tergiur dengan harga yang murah saja namun rukonya terletak di daerah terpencil yang sepi dan jarang pengunjungnya. Hal ini akan berpengaruh pada kelangsungan usaha Anda selanjutnya.

Usahakan membuka usaha pada kawasan yang cukup ramai dan sesuai dengan usaha Anda. Akan lebih direkomendasikan bila di sekitar tersebut tidak dekat dengan usaha yang sama sehingga peluang majunya usaha akan lebih baik dan mudah berkembang. Namun bila berdekatan dengan usaha yang sama, Anda harus pandai mencari celah dan memberikan servis terbaik sehingga customer tetap memilih membeli di tempat Anda.

4.      Tidak memperhatikan perizinan dan hak kepemilikan
Sebelum membeli ruko seharusnya Anda sudah menyelesaikan urusan kepemilikan dan juga tau hak milik tempat tersebut. Terkadang ada orang yang tidak memikirkan hal tersebut dan di tengah menjalankan usaha tempat tersebut dilarang menggunakan ruko karena tidak jelas kepemilikannya.

Jadilah pembeli yang pintar saat Anda membeli ruko dengan menanyakan secara detail tentang hak milik dan perizinannya. Jangan sampai nantinya Anda menanggung rugi apabila tahu bila ternyata tempat tersebut adalah lahan sengketa yang tidak jelas kepemilikan dan surat menyuratnya.

5.                  Fasilitas yang tidak lengkap
Saat membeli atau menyewa ruko, terkadang ada orang yang hanya berfikir tempat tersebut hanya untuk menjalankan usaha saja. Padahal di sisi yang lain, penjual juga memerlukan fasilitas lainnya seperti adanya kamar mandi, wc, tempat ibadah, listrik, air dan lain sebagainya. Tanyakan hal ini secara detail pada pemilik ruko agar Anda tidak kerepotan.

Cek juga apakah keadaan bangunannya masih layak huni atau tidak. Misalnya ada cat yang mengelupas, lantai yang pecah, atap bocor dan lain sebagainya akan mejadi tanggung jawab pemilik ruko atau calon pembeli atau penyewanya. Karena bila Anda sebagai pembeli atau penyewa yang harus menanggung biaya renovasi, hal ini akan memakan biaya yang cukup besar.

6.                  Kondisi luar ruko
Selain memastikan keadaan di dalam ruko aman dan nyaman, jangan lupakan juga untuk mengetahui kodisi luarnya. Yakinkan dan pastikan bahwa daerah tersebut jauh dari sampah yang bau, pabrik berlimbah berbahaya dan lain sebagainya. Karena tempat yang lokasinya kurang nyaman seperti itu akan membuat para pelanggan enggan datang apalagi bila usaha yang Anda jalankan adalah berjualan makanan.

7.                  Tidak membuat kesepakatan tertulis dengan pemilik ruko
Sebelum membeli atau menyewa ruko, buatlah kesepakatan yang tertulis agar nantinya bila ada masalah di suatu hari Anda memiliki kekuatan hukum untuk menuntut. Hal ini dilakukan demi keamanan Anda dalam menjalankan usaha dan agar tidak menderita kerugian bila ada kecurangan yang terjadi.
Setelah mengetahui banyak hal tentang ruko minimalis yang cocok untuk pengusaha pemula, sekarang saatnya Anda mengambil keputusan. Yakinkan bila keputusan yang diambil sesuai dengan keadaan Anda dan bukan hanya tuntutan pemenuhan nafsu belaka. Membuka usaha itu bukanlah hal yang mudah karena memerlukan strategi dan perhitungan.


Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search