Sabtu, 28 September 2019

Berikut Tanda-tanda Akan Melahirkan Anak Pertama yang Wajib Diketahui Bumil


Kehamilan menjadi salah satu momen bahagia yang selalu dinantikan, terutama oleh pasangan baru. Setelah menikah, memiliki momongan dinilai akan melengkapi kebahagiaan secara sempurna. Oleh sebab itu, pada saat calon ibu hamil anak pertama biasanya akan ada banyak perubahan yang terjadi, mulai dari kebiasaan, menjadi lebih sensitif dan sangat berhati-hati untuk menjaga si kecil yang masih di dalam perut. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda dan pasangan mengetahui tanda-tanda akan melahirkan agar dapat menyiapkan semua yang diperlukan termasuk mental dan fisik.

Gejala atau tanda yang timbul pada saat calon ibu akan melahirkan tidak akan selalu sama antar persalinan satu dan lainnya. Kondisi ini yang sering menimbulkan kecemasan tersendiri bagi para pasangan yang baru akan memiliki buah hati untuk pertama kalinya. Terlebih lagi, jika bunda memiliki rencana untuk melahirkan secara normal, maka memerlukan tingkat kejelian yang lebih tinggi dalam mengenali tanda yang muncul jika sudah akan tiba waktu melahirkan.

Umumnya para calon ibu akan melahirkan si kecil antara minggu ke 39 atau 41 usia janin didalam rahim. Pada masa penantian tersebut, biasanya baik secara fisik maupun psikis calon ibu juga akan merasakan banyak perubahan terlebih lagi jika sudah mendekati masa persalinan. Oleh sebab itu, bagi Anda yang baru akan melahirkan anak pertama, berikut beberapa tanda yang penting untuk Anda ketahui, antara lain:

  • Nyeri di area selangkangan.
Rasa nyeri yang terjadi pada area selangkangan ini timbul akibat posisi kepala si kecil sudah berubah turun ke bawah dan menuju ke area tulang panggul sehingga semakin dekat waktu persalinan rasa nyeri akan semakin terasa hebat.
  • Keluar cairan lendir berlebih.
Pada usia akhir kehamilan, tubuh bunda secara otomatis akan memproduksi hormon progesteron yang berfungsi untuk melunakkan area panggul dan serviks. Kondisi ini yang sebenarnya akan membuat volume lendir semakin bertambah banyak terutama jika sudah mendekati waktu melahirkan.
  • Terdapat flek atau bercak darah.
Tanda-tanda akan melahirkan selanjutnya yaitu adanya flek darah yang keluar bersamaan dengan lendir. Flek ini merupakan tanda bahwa rahim Anda sudah mengalami pembukaan dan semakin dekat dengan proses persalinan. Untuk itu, jika tanda ini sudah muncul, maka segera hubungi dokter kandungan Anda.
  • Kontraksi.
Tanda yang satu ini sebenarnya sangat mudah dikenali karena gejalanya berupa perut mulas yang sering terjadi secara berkala selama beberapa menit tertentu, misalnya 15 menit sekali atau bahkan lebih sering.

Selain beberapa tanda di atas, sebenarnya ada banyak hal lain yang dapat menjadi pertanda bahwa si kecil akan segera lahir ke dunia, misalnya pecahnya air ketuban yang fungsinya untuk memperlancar kelahiran. Akan tetapi, Anda juga perlu waspada karena pada beberapa kasus ibu hamil air ketuban dapat pecah lebih awal dan bukan merupakan tanda melahirkan. Anda dapat melakukan pemeriksaan USG untuk mengetahui volume air ketuban didalam rahim.

Demikian ulasan mengenai tanda-tanda akan melahirkan anak pertama yang wajib diketahui bumil. Anda dapat menjadikan ulasan di atas sebagai referensi jika saat ini sedang hamil untuk pertama kalinya. Karena kehamilan pertama biasanya menjadi hal yang sangat penting bagi pasangan baru, maka sebaiknya Anda dapat menjaga kondisi kesehatan janin dengan baik, seperti memastikan dapat tumbuh dan berkembang normal didalam rahim dengan memberikannya asupan nutrisi dan gizi seimbang. Anda sebaiknya juga mengurangi aktifitas berlebih dan perbanyak istirahat agar ibu dan si kecil selalu sehat sampai tiba waktu persalinan.

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search